Perlukah Perusahaan memiliki Konsultan Hukum ?
Dalam aktivitas dunia usaha, suatu perusahaan sering kali dihadapkan pada permasalahan yang bersentuhan dengan hukum baik yang berasal dari internal perusahaan maupun dari eksternal perusahaan. Upaya menjaga eksistensi perusahaan di tengah persaingan dan tantangan yang semakin berat, dibutuhkan upaya-upaya strategi dalam mengelola perusahaan termasuk kecepatan mengambil keputusan dalam setiap permasalahan. Namun demikian, keputusan tersebut bukan tidak mungkin akan menimbulkan resiko hukum dan tuntutan dari pihak yang merasa dirugikan.

Untuk memastikan setiap permasalahan hukum dalam perusahaan mendapat solusi dan penanganan secara tepat, peran Konsultan Hukum di perusahaan sangatlah dibutuhkan untuk dapat bertindak menangani dan menyelesaikan setiap masalah hukum yang terjadi di internal perusahaan maupun eksternal perusahaan, memberikan pertimbangan hukum untuk setiap kegiatan perusahaan dan membela, serta melindungi kepentingan perusahaan dari segala aspek hukum.


Pengalaman Kami
Kami telah berpengalaman dalam menangani dan menyelesaikan masalah hukum baik litigasi maupun non litigasi, seperti mengajukan/menghadapi laporan polisi, melakukan pendampingan/menjadi kuasa hukum di pengadilan, mengajukan Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali, penanganan sengketa tanah/property, penanganan customer complaint, penanganan kasus tindak pidana korupsi (tipikor) di Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) sampai pada proses persidangan, melakukan upaya praperadilan, penanganan sengketa di Mahkamah Konstitusi RI, dan juga mewakili perusahaan dalam hal mengajukan gugatan/jawaban dalam perkara-perkara perdata di pengadilan baik sengketa antara perusahaan dengan perusahaan, perusahaan dengan perorangan, maupun antara perusahaan dengan pihak pemerintah, mengajukan permohonan eksekusi, melakukan negosiasi, mediasi, investigasi, koordinasi dengan pihak terkait, memberikan saran hukum/pendapat hukum, membuat legal audit dan lain sebagainya.

Dalam mengurus masalah internal perusahaan, kami juga berpengalaman membuat dokumen-dokumen hukum yang diperlukan, seperti membuat draft kontrak kerja karyawan, draft Peraturan Perusahaan (PP), draft Perjanjian Kerja Bersama (PKB), Draft SP I, II, dan III, dan memberikan pertimbangan hukum/pendapat hukum kepada pimpinan perusahaan atau kepada departemen lain dalam satu perusahaan. Selain itu, kami juga dapat mewakili perusahaan dalam melakukan mutasi karyawan, melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Koordinasi dengan Serikat Pekerja (SP), melakukan investigasi, interogasi karyawan, membuat Laporan Polisi/pendampingan saksi, melakukan fungsi koordinasi dan monitoring dengan pihak lainnya, melakukan negosiasi dan mediasi, menghadiri upaya penyelesaian melalui Bipartit dan Tripartit, dan bertindak sebagai kuasa hukum perusahaan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

Berikut adalah beberapa manfaat ketika menggunakan jasa Konsultan Hukum di perusahaan :
  1. Memastikan bisnis/usaha Bapak dan Ibu berjalan sesuai dengan hukum yang berlaku.
  2. Mengantisipasi terjadi potensi masalah hukum dikemudian hari.
  3. Mewakili perusahaan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan hukum, baik di dalam maupun diluar persidangan (litigasi dan non litigasi).
  4. Mengurus dokumen, legalitas dan perizinan perusahaan.
  5. Melakukan negosiasi dan membuat Perjanjian Kerja Sama dengan mitra bisnis perusahaan.
  6. Membuat Perjanjian Kerja, Perjanjian Kerja Bersama, dan Peraturan Perusahaan.
  7. Memberikan nasehat hukum atau saran hukum sebelum Bapak dan Ibu mengambil keputusan hukum.
  8. Menentukan langkah-langkah hukum yang harus ditempuh saat terjadi masalah hukum.
  9. Jika masalah harus diselesaiakan melalui jalur pengadilan, Bapak dab Ibu tidak perlu lagi repot-repot mencari Pengacara.
  10. Membalas surat-surat yang meyangkut masalah hukum yang ditujukan kepada perusahaan.
  11. Melakukan teguran Somasi kepada pihak yang telah merugikan perusahaan.
  12. Dapat mewakili perusahaan untuk melakukan mediasi dan negosiasi dengan pihak lain termasuk dengan serikat pekerja.
  13. Dapat menghebat biaya dibanding harus membayar jasa hukum untuk setiap penanganan perkara.
  14. Bapak dan Ibu tidak perlu menguras waktu, tenaga dan pikiran untuk mencari solusi jika terjadi permasalahan hukum di perusahaan.
  15. Bapak dan Ibu cukup membayar jasa hukum setiap bulannya layaknya membayarkan gaji karyawan perusahaan.
Jika Bapak dan Ibu tertarik menggunakan jasa kami, maka berikut adalah lingkup pekerjaan yang dapat kami kerjakan di perusahaan Bapak dan Ibu, yaitu :
  1. Memberikan Konsultasi Hukum;
  2. Melakukan koordinasi dengan Pejabat/Instansi Pemerintah/Pihak lainnya;
  3. Mewakili perusahaan melakukan Negosiasi;
  4. Mewakili perusahaan melakukan Mediasi;
  5. Mewakili perusahaan dalam pertemuan-pertemuan/rapat-rapat dengan pihak internal maupun eksternal;
  6. Membuat dan membalas surat-menyurat terkait suatu masalah/isu hukum, termasuk memberikan Somasi terhadap pihak-pihak yang merugikan/berpotensi membawa kerugian pada perusahaan;
  7. Menangani pengaduan konsumen;
  8. Menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan ketenagakerjaan pada Dinas Tenaga Kerja setempat;
  9. Mendampingi dan/atau mewakili perusahaan dalam hal ada panggilan dari kepolisian, kejaksaan, atau penyidik lainnya terkait dengan dugaan suatu tindak pidana;
  10. Memberikan bantuan hukum dalam hal pihak perusahaan dipanggil sebagai saksi oleh pihak kepolisian, kejaksaan ataupun penyidik  lainnya terkait adanya dugaan suatu tindak pidana;
  11. Mendampingi dan/atau mewakili perusahaan dalam tindakan pelaporan di kepolisian, kejaksaan, atau penyidik lainnya terkait suatu perkara pidana (proses laporan tindak pidana);
  12. Mendampingi dan/atau mewakili perusahaan dalam pertemuan-pertemuan dengan pihak terkait suatu perkara;
  13. Memonitor perkembangan suatu perkara di tingkat Kepolisian, Kejakasaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, dan Mahkamah Agung RI.
  14. Membuat dan memberikan Pendapat Hukum/saran hukum secara tertulis menyangkut aspek legal di perusahaan;
  15. Membuat dan mereview Perjanjian/Kontrak yang diperlukan;
  16. Membuat dan mereview Peraturan Perusahaan (PP);
  17. Membuat dan mereview Perjanjian Kerja Bersama (PKB);
  18. Membuat dan mereview serta mengevaluasi SOP perusahaan;
  19. Membuat draft Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Karyawan;
  20. Membuat draft Surat Peringatan (SP);
  21. Membuat draft Surat Pernyataan-Pernyataan atau Berita Acara;
  22. Membuat draft surat permohonan-permohonan; dan
  23. Membuat surat/dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan untuk menunjang kegiatan perusahaan.

Biaya Jasa 
Biaya jasa untuk Konsultan Hukum di perusahaan sebesar Rp. 10.000.000,- per bulannya, angka ini sama dengan gaji 1 orang karyawan, bandingkan dengan biaya jasa hukum yang bapak dan ibu keluarkan jika menggunakan jasa Advokat/Pengacara/Konsultan Hukum pada saat menghadapi masalah hukum, yang tentu feenya tidak sebanding dengan yang kami tawarkan. 

Jangka Waktu Kontrak
Untuk jangka waktu kerjasama jasa Konsultan Hukum di perusahaan, kami menawarkan kontrak untuk jangka waktu minimal selama 1 tahun. 

Jam Kerja Kami
Jam Kerja yang dapat kami berikan adalah sebanyak 192 jam kerja per tahun atau 16 jam kerja per bulan.

Perlu juga kami sampaikan, dalam memberikan pelayanan jasa Konsultan Hukum kepada Klien, kami semaksimal mungkin menghindari adanya tuntutan/sengketa sampai ke pengadilan (Litigasi) kecuali untuk hal-hal yang tidak dapat dihindarkan. 

Apabila Bapak dan Ibu tertarik menggunakan jasa kami untuk menjadi Konsultan Hukum perusahaan atau terdapat hal-hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut tentang jasa Konsultan Hukum, maka dapat menghubungi kami melalui Telepon/WhatsApp 082344421005. 

No comments:

Powered by Blogger.